kimia analisis

Posted: Februari 27, 2012 in Uncategorized

 

 

 

 

kemarin saya belajar kimia analisis yang dosennya pak syarif hamdani yang selalu ada dari semester 1 .Belajar kimia analisis cukup tidak menyenangkan karna banyak hitung-hitungan,dan menganalisis suatu sampel  tapi kimia analisis ini sangat perlu untuk jurusan farmasi, jadi suka atauapun gag suka aku harus tetap belajar dan bisa.

 

Menganalisis suatu sampel  itu tidak sembarangan loh, harus menggunakan metode,teknik  dan prosedur yang benar.didalam menganalisis suatu sampel itu pasti kita akan menghitung kadar nya, berat nya, atau volume nya dll.didalam menghiung suatu sampel itu pasti bertemu dengan angka-angka yang tidak pasti dan angka penting.contohnya saja bilangan desimal.

 

angka penting adalah bilangan yang diperoleh dari hasil pengukuran yang terdiri dari angka-angka penting yang sudah pasti (terbaca pada alat ukur) dan satu angka terakhir yang ditafsir atau diragukan.contohnya saja waktu kita mau menghitung 3,45+8,6=12,05, tapi yang tulis hanya 12,0 saja karna angka dibelakang koma nya ada 1 dibelakang koma.

 

Contoh penjumlahan angka penting

 
 

 atau  

 
 

Contoh pengurangan angka penting

atau  

 

Keterangan:

 

aturan angka penting:

 

  •  angka yang bukan nol adalah angka penting dalam perhitungan,
  • nol di sebelah kanan tanda desimal dan tidak diapit bukan angka nol bukan angka penting,
  • Angka nol yang terletak di sebelah kiri angka bukan nol atau setelah tanda desimal bukanangka penting,Dalam penjumlahan dan pengurangan angka penting, hasil dinyatakan memiliki 1 angka perkiraan dan 1 angka yang meragukan. Contoh : 1,425 + 2,56 = 3,985 dan hasilnya ditulis sebagai 3,99..
  •  Angka nol yang terletak di belakang angka  bukan nol yang terakhir dan di belakang tanda desimal adalah angka penting Contoh: 23,50000 (7 angka penting).
  • Angka nol yang terletak di belakang angka bukan nol yang terakhir dan tidak dengan tanda desimal adalah angka tidak penting. Contoh : 3500000 (2 angka penting).
  •  Angka nol yang terletak di depan angka bukan nol yang pertama adalah angka tidak penting. Contoh : 0,0000352  (3 angka penting).

 

 

selamat membaca dan semoga berguna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s